Allah Itu Hanya Satu ‘Ora Ono Liyane'

Minggu ke-2, Februari 2018

Oleh :
Gus Hairi Mustofa
Pemangku Padhepokan PUSAKA Sunan Tembayat
Dandong Srengat-Blitar


Padhepokan Pusaka Sunan Tembayat Blitar



Assalamu'alaikum Wr. Wb
Para Warga Padhepokan
Allah dawuh Qul huwallohu ahad… kepada umat manusia semua bahwa Allah itu satu. Sak temene Allah itu ‘ahadun’ siji. Nur Muhammad ini sudah ada sebelum segala sesuatunya ada. Nur Muhammad ini adalah sejatinya resonansi Allah. Nur Muhammad ini paling senior dari ciptaan Allah, kehendak Allah. Sesuatu yang ruku’ lan Roki’ ing ngarsane Allah sehingga ketika Nabi Adam menikah dengan Siti Hawa maka mas kawinnya adalah kalimat syahadat, “Ashadualla ilahailallah wa ashadu anna muhammadar rasulullah.” Jadi jasad Muhammad itu belum ada tapi Nur Muhammad sudah diciptakan. Nur Muhammad inilah risalah-risalah Allah tersampaikan semua. Mulai dari bukanya alam raya ini sampai hari akhir. Namun disebutkan Allah itu satu, Agama risalah Allah itu Islam dan jika ada perubahan-perubahan nama maka yang merubah itu adalah manusianya.

Oleh karena itu jika sudah disebut bahwa Allah itu hanya satu ‘ora ono liyane’ dan hanya Islam yang menganggap Allah itu tidak berwujud. Berbeda dengan yang lain yang menganggap Tuhan mereka adalah serupa sesuatu yang terlihat. Allah itu tidak bisa direka-reka (diserupakan). Kalau kita melihat ada tulisan “Allah” maka itu hanyalah tulisan bukan wujud Allah. Tapi hakikat Allah tidak pernah berwujud dan tidak pernah ada. Jadi tidak ada istilah bahwa Gusti Allah niku saget dikenthakne (diserupakan) nopo wae. Jika orang sudah  menyerupakan Allah dengan yang lain maka orang tersebut sudah keluar dari ke-Tauhidan. Yang kedua kenthan-kenthane pangeran niku iso rupo hawa nafsu sing jumeneng ono atine, rupo gegayuhan rupo pepinginan. Sehingga sesuatu yang harusnya kita berdoa kepada Allah secara ikhlas, muncul keinginan-keinginan yang bersifat duniawi bukan keinginan hajatiyah. Oleh karena itu sifat tersebut disebut dholim, dul mun alla dholmin, kesalahan yang bertumpuk-tumpuk.

Para Warga Padhepokan
Pramilo, Allah menetapkan bahwa "Aku tidak beranak dan diperanakkan."  Manakala sudah beranak maka kaitannya pasti makhluk. Mari sekarang kita gali di hati kita masing-masing? Masihkah kita hanya menyembah, nenuwun ngarsaning Allah? Banyak hal yang tidak demikian adanya. Terkadang iblis itu bisa menyesatkan manusia dan seolah-olah dia adalah Tuhan. Dahulu orang berfikir bahwa Allah itu serupa cahaya yang terang.

Suatu saat Syech Abdul Qodir Jaelani sholat dimasjid Bagdad. Datang seberkas cahaya, dan cahaya itu berkata,”Hai Abdul Qodir jaelani, sholatmu itu sudah bagus, wiridmu sudah diterima dan kamu tidak perlu lagi sholat lagi, tidak perlu lagi puasa, kami pasti masuk surga.”

Syech Abdul Qodir Jaelani tersadar bahwa itu adalah syetan, segera dilemparlah syetan itu sambil berkata,”Pergilah dari sini hai syetan!.”

Bahkan bayangan sekalipun bisa berupa Iblis. Oleh karena itu hati-hati para warga padhepokan. Untuk ketauhidan ini hati-hati!. Manakala ada bayangan ada sesuatu yang mengajak kita keluar dari rel untuk menyembah Allah itu adalah Iblis, menyesatkan, apapun wujudnya.
Iblis itu adalah makhluk ciptaan Allah yang diperankan oleh Allah untuk mengoda manusia. Namun Iblis pun sendiri juga menyembah Allah. “Apa saja yang ada dilangit serta bumi dan yang berada diantara keduanya telah bertasbih bahwa sebenarnya Allah maha perkasa lagi maha bijaksana.”


Padhepokan Pusaka Sunan Tembayat Blitar


Para Warga Padhepokan
Oleh karena itu jika iblis sudah menempel dan membisiki diseseorang maka orang tersebut akan terjebak dalam suatu permasalahan yang tidak bisa dimengerti. Allah dzat yang Maha mulya. Allah menciptakan sesuatu yang sempurna termasuk palungguhane awake dewe ing Pulau Jawa. Jangan sekali-kali melanggar perintah Allah, perintah Rasullullah. Termasuk perintah Allah agar kita lungguh ning Tanah Jawa atau tempat dimana saja kita dilahirkan. Jangan ingin menjadi orang  Arab karena Arab bukan Islam. Kita tetap orang Jawa orang Indonesia dan Agama kita  adalah Islam.

Terima ikhlas apa yang diperintahkan Allah dan pegang teguh tauhid ini. Mari kita hanya membumikan dihati kita hanya ada Allah. Kita semua sebenarnya tidak ada dan hanya Allah yang ada. Inilah tauhid. Ingat segala sesuatu yang berwujud maka tentunya tidak akan pernah ada.

Monggo kita nenuwun ngarsaning Allah mugi-mugi tansah dipun tetepaken imanipun,  dipun dadosaken makhluk-makhluk ingkang tansah namung manembah dateng Allah, taat dateng Rasulillah lan hormat dateng tiyang sepah.
Al-Fatihah

Hanya kepada-Mu kami menyembah dan memohon pertolongan, semoga warga Padhepokan semua dimudahkan  dan  dihilangkan segala urusan, yang mempunyai urusan hutang semoga dimudahkan dengan jalanMu, yang mempunyai beban masalah semoga diterangkan jalannya, Yang tergoda keimanannya semoga diberi hidayah.
Al-Fatihah. 

Ya Allah, Panjenengan paringi kawelasan dateng kulo, dateng warga padhepokan lan anak turun sedoyo, benjang dinten kiamat mugi kanjeng nabi paring syafaat.
Al-Fatihah. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb









Postingan Populer