Sajeroning Roso Niku Enten Aku

Minggu ke-1, 5 April 2018


Oleh :
Gus Hairi Mustofa
Pemangku Padhepokan PUSAKA Sunan Tembayat
Dandong Srengat-Blitar

Padhepokan Pusaka Suna Tembayat Blitar

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Para Warga Padhepokan
Kalau kita berfikir dan hayati, sebuah keyakinan didalam hati kita bahwa sebuah perjalanan didalam rohani kita dan sesuai dengan pesan Rasulullah, Al haqqu mirobbika, kebenaran itu datangnya dari Allah dan kebenaran itu manakala ada dihati kita semua tanpa ditumpangi oleh hawa nafsu, tanpa ditumpangi oleh kepentingan-kepentingan maka suara hati itulah yang dinamakan sebuah kebenaran. Sebenarnya jika kita menghayati benar, tidaklah asing tentang Allah. Tidaklah asing tentang yang Maha Pencipta. Karena apa para warga? Ati kulo lan panjenengan berdasarkan keyakinan sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Kanjeng Syech Siti Djenar...


Sajeroning roso niku enten Aku….

Kalau kita mau merasakan, Aku Allah itulah yang Maha benar yang menuntun kita semua. Kita merasakan tidak asing tentang Allah kalau kita menggunakan roso pangroso…akal yang didasari oleh roso, roso yang dikembangkan oleh akal sehingga akal dan roso harus berjalan seimbang.


Para Warga Padhepokan
Kita merasakan ada sebuah kekuatan-kekuatan yang diluar kekuatan dan akal manusia serta  segala sesuatu yang tidak bisa diperhitungkan lagi oleh manusia baik secara akal dan roso.  Namun sebenarnya itu adalah kekuatan Allah yang Maha segala dan kita ini adalah bagian, tidak bisa terlepas dari Allah. Allah adalah dzat mutlak. Allah mempunyai kekuasaan yang tidak terbatas dan tidak bisa dicampuri oleh kekuatan manusia. Jika kita belajar ilmu Hakikat yang sebenarnya Hakikat maka kita tidak bisa mengaku bahwa segala sesuatu itu dari kita tapi kita harus sadar bahwa laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adziim, ora ono samubarang doyo kekuatan kang patut sinembah kejobo kekuatan Allah kang Agung. Jangankan kita bergerak, menyampaikan sesuatu saja jika tidak seijin Allah maka tidak akan bisa. Oleh karena itu segala sesuatunya itu Allah

Para Warga Padhepokan
Lamun niku sadar, garising menungso ing awang-awang, dalam Bahasa hakikat ketika kita dalam alam wahdah maka sebenarnya segala sesuatunya sudah tertulis di Lauhul mahfudz, maka sebenarnya semua sudah digariskan oleh Allah tapi bukan berarti kita tidak berusaha tapi segala sesuatu sudah menjadi ketetapan Allah. Maknanya apa para dulur? Kita tidak boleh takabur, kita tidak boleh sombong. Atas dasar kehendak Allah itulah yang paling penting bagi diri kita adalah ngalap ridhone Allah, menjadikan kita Ikhlas. Jika Allah sudah ridho maka apapun tidak ada yang mustahil bagi Allah. Allah itu kuasa atas samubarang. Sebagai contoh kekuatan Allah untuk menciptakan Adam Hawa dan Nabi Isa. Namun inti semua itu adalah kehendak Allah maka jadilah.

Para Warga Padhepokan
Oleh karena itu semua yang terjadi didunia ini jika kita sadari didalam serat Suluk Linglung Sunan Kalijogo, orang itu selalu bigung, jika tidak gondelan roso maka orong itu sebenarnya bingung. Arep opo sing dilakoni? Oleh karena itu sekali lagi, roso niki kita gondeli. Kejadian dialam dunia ini mungkin jika sesuai akal membuat tidak enak sama sekali .Ketika miskin kita ingin kaya. Tapi setelah kaya kita sadar betapa repotnya menjadi orang kaya. Pada saat kita sibuk yang kita rindukan adalah kapan kita bisa istirahat? Tapi ketika istirahat aku tidak punya uang kapan bisa bekerja? Itulah para dulur. Ketawakalan itu yang penting. Ridho atas pemberian Allah. Kerono itu monggo kita selehne ati kito. Kita letakkan hati kita , roso kita. Ketetapan Allah itulah yang terbaik. Ketetapan Allah manakala kita menerima dengan ikhlas maka akan menambah iman kepada Allah.

Monggo sepindah malih, mari kita memohon, nenuwun ngarsane Allah, mugi-mugi kulo lan sak anak turun kulo lan panjenengan tansah diresiki saking pangodane iman, tansah diparingi jejeging iman, keselametan dunia akhirat, kabejan dunia akhirat.
Al-Fatihah

Mugi Allah tansah nylametaken saking panggodane syetan, panggodane donya. Mugi-mugi diangkat derajatipun, dimuliakan oleh Allah.
Al-Fatihah

Wassalamu'alaikum Wr. Wb



Postingan Populer